Pangkal Pinang, KominfoSB - Disela-sela pelaksanaan SAIK 2019, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat bersama rombongan, Kamis (24/10) siang bertemu dengan perantau Minang se-Bangka Belitung di Gedung Maghligai Komplek Gubernuran Pangkal Pinang. Rombongan Pemprov Sumbar yang dipimpin Wakil Ketua II FK Metra Sumbar, Elinda Alwis menyampaikan, kegiatan ini sebagai silaturahmi pemerintah daerah dengan perantau yang ada di luar.

"Melalui kegiatan ini, diharapkan terjalin silaturahmi antara Pemprov dengan perantau yang ada di perantauan," ujar Elinda saat sambutannya.

Lebih lanjut dia meminta agar selalu terjalin komunikasi dikemudian hari. Tidak hanya saat ini saja, serta mengajak perantau untuk ikut membangun kampung halaman tercinta.

"Kita ingin komunikasi yang terjalin ini, tidak sebatas disini saja. Kedepannya, semoga ada sinergitas atau kerjasama kegiatan yang berguna bagi Sumbar. Saya selalu mendoakan agar perantau sukses dan sehat selalu, serta tidak lupa kampung halaman, dan jangan lupa berinvestasi di kampung," pungkas Elinda Alwis.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Sumbar, Yeflin Luandri mengatakan, peristiwa Wamena menjadi salah satu pencetus rasa persaudaraan antara masyarakat Minang di kampung dengan rantau.

"Kerusuhan Wamena menyebabkan kepedulian seluruh warga Minang timbul. Dalam sekejap, miliaran rupiah terkumpul bagi sanak saudara korban tragedi ini," ucap Yeflin.

Dia menambahkan, dengan banyaknya orang-orang hebat Minang yang mengisi posisi penting di hampir seluruh daerah di Indonesia, membuktikan SDM Minang tidak bisa diremehkan.

"Kita wajib bangga atas prestasi ini. Dengan banyaknya jabatan penting diemban membuktikan kehebatan talenta-talenta Minang meneruskan pendahulu yang sudah diakui dunia," ucapnya.

Terakhir, Yeflin menyebutkan, Pemprov Sumbar berkomitmen untuk terus menjalin komunikasi dan kerjasama dengan seluruh perantau. Yulizarman, Ketua Ikatan Keluarga Minang (IKM) Bangka Belitung didampingi Wakil Ketua Yoshendri, pertama sekali mengucapkan terima kasih dan penghargaan sebesar-besarnya kepada rombongan Pemprov Sumbar untuk inisiatif silaturahmi ini.

Pihaknya meminta kepada pemerintah daerah agar serius dalam mem-follow up setiap kegiatan yang diprogramkan.

"Kita akan mendukung setiap kegiatan yang dilaksanakan Pemrov Sumbar baik itu di daerah maupun rantau. Selanjutnya, diharapkan tindakan kongkrit terhadap kegiatan tersebut. Jadi, sebaiknya program-program yang digendakan langsung di eksekusi, terutama jika programnya berkaitan dengan budaya dan adat Minang," pungkasnya.

Acara diakhiri dengan pertukaran cenderamata dan temu wicara. (MMC Diskominfo)