Padang, 19 Februari 2018

"Pembahasan infrastruktur telekomunikasi tidak henti-hentinya dilakukan untuk memberikan akses komunikasi dan informasi dalam menunjang pelayanan kepada publik di daerah Sumatera Barat termasuk di daerah 3T ( Kab. Kep. Mentawai, Pasbar dan Solsel ) terutama di kawasan Mentawai yang masih minim sarana dan prasarana ini."

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Barat, Ir. Yeflin Luandri, M.Si saat audiensi dengan General Manager (GM) PT. Telkom Indonesia Wilayah Sumatera Barat, Sulkan beserta jajarannya di Ruang Kepala Dinas Kominfo Sumatera Barat, Jl. Pramuka, 11 a Padang, (19/2).

Lebih lanjut Yeflin menyampaikan bahwa selama tahun 2017, baru terpasang 13 Base Transceiver Station (BTS) di daerah tersebut dan masih beberapa lokasi lagi yang akan dibangun di tahun 2018 ini untuk mencapai alokasi sebanyak 28 BTS.

Upaya tersebut direspon oleh pihak PT. Telkom Indonesia Wilayah Sumbar yang akan turut aktif mengembangkan perannya di Tua Pejat, Mentawai sebagai unit kerja Telkom disana.

Hasil pertemuan ini akan ditindaklanjuti dengan pertemuan terpadu tanggal 6 Maret 2018 dengan Pemkab setempat yang akan difasilitasi Pemprov. Sumbar untuk menghimpun masalah, solusi dan rencana tindak lanjutnya.

Base Transceiver Station atau disingkat BTS adalah sebuah infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara piranti komunikasi dan jaringan operator.

by Eko Kurniawan