Portal Keterbukaan Informasi Bagi Perantau Minang Bakal Segera Diluncurkan


Padang, KominfoSB - Setelah dibuka Sekretaris Daerah Sumatera Barat Alwis Kamis (31/10) pagi, Workshop Jurnalis Keterbukaan Informasi di Kantor Komisi Informasi (KI) Sumbar mendapat kejutan dengan kedatangan Wagub Nasrul Abit beberapa saat kemudian.

Terkait keterbukaan informasi, Nasrul mengapresiasi peran sekretaris daerah selaku atasan PPID Utama Sumbar yang telah merespon dengan cepat berbagai layanan informasi.

"Saya lihat website PPID sudah menyampaikan daftar informasi terbuka tentang APBD Sumbar. Selain itu Inovasi aplikasi sistim keterbukaan informasi sudah berbasis android," ujar wagub.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Sumbar Yeflin Luandri menyampaikan kepada wagub tentang rencana pembuatan website bagi perantau Minang yang akan disinergikan dengan keterbukaan informasi.

"Hasil pertemuan dengan perantau Bangka Belitung kemarin menginginkan adanya satu saluran informasi atau portal yang berisi berita kampung dan rantau," ucap Yeflin melaporkan.

Saluran ini selain sebagai jembatan bagi sesama masyarakat Minang, juga dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai NKRI.

Selain informasi khusus dari ranah Minang, juga kita isi dengan konten-konten yang dapat memupuk persatuan, kesatuan serta kedaulatan bangsa.

Nantinya, peluncuran portal tersebut akan dibarengi dengan suatu acara besar yang dibuat perantau. "Bisa kita luncurkan saat momen tertentu. Misalnya, milad Ikatan Keluarga Minang Jaya Raya," sebut Yeflin.

Rencana pembuatan portal khusus tersebut mendapat dukungan penuh dari wagub. "Silakan Dinas Kominfo dan KI berkolaborasi membuat portal ini. Ciptakan desain Minang yang menarik tanpa meninggalkan unsur ke-Indonesiaannya," kata wagub.

Pada kesempatan sama, Ketua KI Sumbar Adrian Tuswansdi mewakili peserta jurnalis yang hadir menyampaikan ucapan terima kasihnya atas keterbukaan wagub untuk dana pengungsi Wamena.

"Apa yang telah wagub contohkan, merupakan implementasi keterbukaan informasi. KI bersama rekan-rekan jurnalis siap mendukung 'Sumbar Informatif'," ucap Adrian.

Kunjungan Nasrul Abit ditutup dengan penandatanganan Deklarasi Forum Wartawan Keterbukaan Informasi Sumbar. (YL/EK/MMC Diskominfo/toeb)