Installasi dan Bimtek aplikasi siMAYA di Dinas Kominfo kota Padang panjang


Padang panjang,Kamis 8 Maret 2018

Kepala Seksi Pengembangan Aplikasi Lizda Handayani M.Kom dan Beberapa Tim IT dari Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Barat melakukan installasi dan Bimbingan Teknis penggunaan Aplikasi siMAYA di Dinas Kominfo Kota Padang Panjang. Bimtek ini di ikuti oleh pejabat eselon 2,3,4 dan staff di lingkup Dinas Kominfo kota Padang Panjang.
Kota Padang Panjang merupakan Kota ke 4 setelah Kabupaten Sijunjung, Kab Tanah Datar dan Kabupaten Pesisir Selatan yg akan menggunakan aplikasi siMAYA yg di kembangkan oleh Tim IT dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Barat.
Aplikasi siMAYA  ini di berikan secara open source kepada kab/kota sehingga kab/kota bisa memodifikasi aplikasi ini sesuai dengan kebutuhan.
Aplikasi siMAYA merupakan aplikasi untuk memanajemen persuratan secara elektronik dimana surat masuk seperti penerimaan surat,disposisi surat,arsip surat, dan pengagendaan surat serta  surat keluar yg meliputi pembuatan konsep surat,pemeriksaan surat secara berjenjang, penanda tanganan surat , dan pengiriman surat dilakukan secara elektronik..
Aplikasi siMAYA ini sangat membantu dan memudahkan pegawai dalam memanajemen persuratan karena bisa di akses kapanpun dan di manapun asalkan ada koneksi internet dan telah support di hp android (jika ada surat masuk akan ada notifikasi/pemberitahuan).
Dengan aplikasi ini proses surat menyurat bisa terus berjalan meskipun kepala dinas atau pimpinan tidak berada di kantor, selain itu aplikasi ini juga sangat menghemat pengeluaran daerah dari segi biaya ATK(paperless) dan biaya pengiriman surat karena semua proses persuratan sudah secara elektronik.
Aplikasi siMAYA juga telah di lengkapi dengan tanda tangan digital yg sudah terdaftar di Badan Cyber dan Sandi Negara (BSSN) sehingga ke absahan surat yg dikirim lewat aplikasi siMAYA bisa di jaga.
Setelah Kota Padang Panjang akan ada beberapa kab/kota yg akan menggunakan aplikasi simaya ini, kita berharap koordinasi dan kerjasama antara Dinas Kominfo provinsi dan dinas Kominfo kab/kota seperti ini akan terus terjaga terutama dalam pengembangan aplikasi dan berbagi aplikasi sehingga bisa mewujudkan Sumatera Barat yg smart province.