Sawahlunto, 21/1/2017. "Penegakan monumen perunggu dan renovasi komplek pemakaman Prof.Dr.Muhammad Yamin agar lebih representatif merupakan salah satu upaya kita untuk mengingat kan generasi penerus bahwa Sumatera barat pernah melahirkan tokoh-tokoh besar yang banyak berjasa bagi Indonesia".


Demikian sambutan gubernur Sumatera barat saat membuka acara peletakan batu pertama renovasi makam Prof.Dr.Muhammad Yamin dan pengukuhan forum musyawarah nagari yang di selenggarakan di komplek pemakaman Prof.Dr.Muhammad Yamin, kecamatan Talawi, kota Sawahlunto pada Sabtu (21/1) pagi.

Gubernur lebih lanjut menyampaikan harapan nya agar kegiatan renovasi ini dapat mendorong generasi muda Sumatera barat untuk menorehkan prestasi bahkan melampaui capaian-capaian yang telah di catatkan oleh tokoh-tokoh nasional tersebut dalam sejarah Republik Indonesia.

Gubernur kemudian menekan kan kepada masyarakat yang berkumpul agar Komplek pemakaman dijaga dan di pelihara bersama dengan penuh tanggung jawab karena Komplek pemakaman ini adalah aset bangsa Indonesia. Selain sebagai aset bangsa, area pemakaman juga merupakan salah satu destinasi wisata sejarah yang akan mengukuhkan Citra Sawahlunto sebagai kota wisata di Sumatera Barat.

Turut hadir pada acara tersebut dan Danpom Prov Sumbar, walikota Sawahlunto Ali Yusuf, wakil walikota Sawahlunto, Muspida Sawahlunto, dan tokoh masyarakat kec. Talawi