Bukittinggi, KominfoSB - Memasuki musim liburan sekolah, sejumlah kota wisata di Indonesia mulai diserbu wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Tak terkecuali Bukittinggi, kota berjuluk 'Parijs van Sumatra ini telah diserbu pengunjung semenjak liburan dimulai. Roda kehidupan kota bergeliat tidak kenal waktu. Beberapa objek wisata unggulan, seperti Jam Gadang, Lobang Jepang, Istana Bung Hatta, Ngarai Sianok dan lainnya dipadati manusia dsri siang hingga malam hari.

Seperti pantauan Tim MMC Diskominfo, disela-sela kegiatan Bimtek Publik Speaking, tim berkesempatan mengunjungi sekaligus meliput ikonnya Bukittinggi, Jam Gadang, Kamis (4/7). Terlihat, ribuan orang memadati bangunan sejarah setinggi 26 meter ini.

Zaki (30), salah seorang pengunjung asal Padang yang ditemui mengaku, dirinya bersama keluarga telah jauh hari ingin menghabiskan liburan di kota sejuk ini.

"Harga tiket pesawat yang masih tinggi, salah satu faktor kita memilih Bukittinggi. Apalagi keindahan dan kesejukan kota, ditambah aneka kulinernya yang sangat memanjakan lidah membuat kita memutuskan liburan disini," ujarnya tersenyum.

Sementara itu Oyong Sampono, petugas jaga Jam Gadang yang dijumpai, mengatakan, pihaknya tak bosan-bosan menghimbau setiap pengunjung agar menjaga ketertiban dan kebersihan lokasi.

"Kita selalu menyerukan kepada pengunjung agar menghormati budaya Minangkabau dengan menggunakan pakaian yang sopan dan menutup aurat, serta tak lupa menjaga kebersihan," sebutnya.

Terakhir Oyong mengingatkan, wisatawan untuk waspada dan menjaga barang pribadi dengan sebaik-baiknya.

"Karena padatnya pengunjung, tidak mungkin kita dapat mengawasi dengan maksimal. Untuk itu, kita berharap, wisatawan tidak lengah dan tetap waspada menjaga barangnya masing-masing. (EK/ISC/SHIO/MMC Diskominfo)