Balai Adat Nagari Talawi Di Resmikan Gubernur

Sawahlunto (21/1/2017) Usai menghadiri acara peletakan batu pertama renovasi makam prof. dr. muhammad yamin, rangkaian kunjungan kerja Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno di Sawahlunto di lanjutkan dengan meresmikan balai adat nagari Talawi di kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto
Dalam sambutannya, Gubernur berpesan agar balai adat yang telah tersedia tidak di anggap sebagai simbol saja.

Namun juga di manfaatkan sebagai wahana dan tempat untuk mengajarkan, mengamalkan, dan menuralkan nilai-nilai adat Minangkabau kepada generasi penerus.

"Saya minta jadikan balai adat ini sebagai tempat berkumpul, bermusyawarah dan bermufakat, dan tempat untuk membicarakan hal-hal yang menyangkut kebutuhan masyarakat khususnya menyangkut adat. Maksimalkan penggunaannya untuk generasi muda. Tularkan kepada mereka nilai-nilai adat kita," ujar gubernur mengarahkan.

Menurut gubernur, yang membedakan masyarakat Sumbar kini dengan tokoh Sumbar masa lalu yaitu Inkonsistensi penerapan nilai-nilai adat dalam keseharian dan semakin tidak melekatnya identitas adat dalam diri masing-masing, terutama pada generasi penerus.

Gubernur menekankan pentingnya nilai dan kearifan budaya kepada generasi penerus agar dapat meresap dalam kehidupan sehari-hari guna memastikan tercapainya masyarakat Sumatera Barat yang maju tanpa harus kehilangan identitas di masa depan.

Menutup sambutannya, gubernur berpesan kepada seluruh undangan, tamu, dan masyarakat yang hadir agar semakin menguatkan rasa adat untuk maju dan berkarya dan tidak terpengaruh pada adat dan budaya bangsa lain yang tidak sesuai dengan budaya kita.