Padang, KominfoSB - Berbicara di depan umum tidaklah gampang, sebab dituntut sebuah skill yang mapan dan teknik penguasaan audiens, agar apa yang disampaikan dapat diterima oleh pendengar dengan baik.

Untuk itu, dalam rangka meningkatkan kemampuan berbicara secara profesional di depan umum, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sumbar menggelar Workshop Public Speaking di Aula Kantor Gubernur, yang dihadiri oleh pengurus dan unsur pelaksana Dharma Wanita Sumbar, Rabu (7/8).

Dalam sambutannya, Ketua DPW Sumbar Linda Alwis mengatakan, berbicara di depan umum suka atau tidak suka merupakan keterampilan yang harus dikuasai.

Karena pada suatu saat, kita mungkin akan berbicara dihadapan semua orang untuk menyampaikan pesan, pertanyaan, tanggapan atau pendapat tentang suatu hal yang kita yakini.

Selain itu, teknik berbicara dimuka umum dapat digunakan dalam mempresentasikan proposal proyek atau produk di hadapan mitra bisnis dan calon pembeli. Public speaking ini salah satu seni berkomunikasi yang membutuhkan kepercayaan diri, persiapan, teknik dan latihan.

Linda berharap, setelah workshop ini, anggota DWP Sumbar bisa berkomunikasi dengan baik dan tampil di depan umum dengan rasa percaya diri.

Sementara itu, narasumber Teguh Arlin Ardani, profesional bidang public speaking, mengatakan, untuk berbicara di depan umum diperlukan 3 (tiga) pondasi utama, yakni personality (siapa yang menyampaikan), content (apa yang disampaikan), dan how to delivery (bagaimana menyampaikannya).

Terakhir, Teguh menyampaikan bahwa berbicara dimuka umum harus terus dilatih, karena keahlian ini bukan sekedar teori tapi harus dipraktekkan. ( RYH /MMC Diskominfo/toeb)