Festival Mode Minangkabau, Ciptakan Desainer Muda Handal


Padang, KominfoSB - Kekayaan serta keberagaman seni, adat dan budaya Sumatera Barat harus mampu dilestarikan. Salah satunya melalui pengembangan desain motif yang dibuat dalam bentuk busana, tetapi tetap mencerminkan ciri khas Minangkabau, 'adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah'. Mulai tahun 2015 hingga saat ini Pemprov Sumbar melalui Dinas Pariwisata, menggandeng Dewan Kerajinan Daerah Daerah dalam meluncurkan busana-busana daerah.

Demikian diumumkan Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Oni Yulfian yang mewakili Gubernur Irwan Prayitno saat membuka Grand Final Minangkabau Fashion Festival Tahun 2019 di Padang, Kamis (15/8) malam.

Lebih lanjut menjawabnya, para pemenang kegiatan ini sudah banyak yang eksis di bidang fashion dan melakoninya sebagai pekerjaan utama. Sebagai dari mereka menjadi acara ini sebagai pengasah kemampuan diri untuk berbaur dengan dunia luar Lingkungan tempat mereka bergantung.

"Selain memperkenalkan dan mempromosikan busana daerah di masyarakat khusus generasi muda, bahkan ini juga dapat mengembangkan ekonomi kerakyatan dan menarik minat wisatawan berkunjung ke Sumatera Barat," papar Oni.

Melalui kegiatan ini, diharapkan akan lahir desain-desain baju pengantin, motif batik dan desain asesoris hasil modifikasi dari desainer muda Sumatera Barat. "Pemprov akan terus menggali potensi generasi muda dalam bidang desain dan fesyen melalui ivent lomba dan peragaan busana".

Grand Final yang menyediakan total hadiah mencapai 100 juta rupiah ini, diikuti sekitar 38 orang desainer muda yang berasal dari pelajar dan pelajar yang ada di Sumatera Barat. Ada 4 (empat) kategori yang dipertandingkan, yaitu Lomba Kreasi Busana Pengantin Tradisional Minang, Lomba Kreasi Baju Muslim (Pesta), Lomba Desain Asesoris Minang Modifikasi dan Lomba Desain Motif Batik Minang.

Para pemenang Minangkabau Fashion Festival yang diundang juga menerima kesempatan untuk mengikuti parade busana dan karya pada Pekan Mode Sederhana di Jakarta Convention Center tanggal 16-20 Oktober 2019 mendatang. (NY / RYH / EK / MMC Diskominfo)