Menteri Rudiantara: Peran Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Penting


Padang, KominfoSB - Menteri Kominfo Rudiantara meresmikan pembangunan gedung baru Balai Monitor (Balmon) Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Padang. Peresmian ditandai dengan peletakan batu pertama di desa Air Dingin, Kelurahan Balai Gadang Kota Padang, Jumat (23/8).

Dalam sambutannya Rudiantara mengatakan, Balmon SFR Kelas II Padang, bertugas mengawasi Spektrum Frekuensi wilayah Sumatera Barat.

“Saya berharap dengan selesainya pembangunan gedung baru, maka kegiatan pengawasan dan monitoring spektrum frekuensi radio dapat terselenggara dengan baik," katanya.

Balmon SFR adalah Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang ada di setiap Provinsi dan merupakan ujung tombak sekaligus citra dan wakil bagi Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio ini bertugas melaksanakan pengawasan dan pengendalian dibidang penggunaan spektrum frekuensi radio yang meliputi kegiatan pengamatan, deteksi sumber pancaran, monitoring, penerbitan.

Serta, evaluasi ,pengukuran, koordinasi monitoring frekuensi radio, penyediaan suku cadang, pemeliharaan dan perbaikan perangkat, serta urusan ketatausahaan dan kerumahtanggaan.

“Karenanya, peran Balmon sangat urgent sekali. Semua frekuensi yang ada, khususnya di Sumatera Barat harus dalam pantauan balai ini, agar tidak terjadi kesemrawutan atau tumpang tindih frekuensi,” tambahnya.

Pada kesempatan itu, Rudiantara juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah atas perizinan pembangunan gedung Balmon yang dipermudah dan tidak berbelit-belit.

“Tak lupa, saya ucapkan terima kasih dan apresiasi ke pemerintah daerah atas segala kemudahan yang diberikan sehingga pembangunan gedung dapat segera dimulai,” kata Rudiantara.

Sementara itu, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan pemerintah daerah siap membantu program pemerintah pusat dan mendukung tugas Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Radio.

Gubernur juga berharap pembangunan dari gedung Balmon bisa diselesaikan sesuai jadwal dan prosesnya transparan.

Setelah sambutan, menteri beserta undangan melakukan peletakan batu pertama, lalu disusul peninjauan maket dan pemotongan tumpeng.

Dari pantauan, turut hadir dalam acara tersebut Pejabat Esselon I Kementerian Kominfo RI, Forkopimda Sumbar erta para tamu undangan. (DM/RYH/RY/MMC Diskominfo)