Bukittinggi, KominfoSB - Berbagai inovasi terus digagas Pemerintah Provinsi Sumatra Barat untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat. Salah satunya dibidang kesehatan, dimana pada Tahun 2019 ini, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Achmad Mochtar Bukittinggi mempunyai cath lab bagi penderita penyakit jantung.

“Alhamdulillah dengan selesainya fasilitas cath lab dan disetujuinya kerja sama pelayanan oleh BPJS Kesehatan, hari ini, tim cath lab kita telah dapat melakukan operasi perdana dengan lancar untuk tindakan kateterisasi jantung sekaligus pemasangan stent pada dua pasien jantung peserta BPJS,” ujar Direktur RSAM Bukittinggi, dr. Khairul di Bukittinggi, Senin (14/10).

Cath lab adalah suatu pelayanan yang dilakukan di laboratorium kateterisasi untuk menentukan tindakan diagnostik dan intervensi non bedah sesuai indikasi secara non-invasif melalui pembuluh darah dengan menggunakan kateter.

Khairul menambahkan, dengan adanya cath lab ini, tingkat keberhasilan pemasangan cincin lebih tinggi dan aman dari radiasi.

“Terima kasih atas dukungan  kepala daerah sehingga berhasil mewujudkan fasilitas pelayanan cath lab di RSAM, sehingga masyarakat Bukittinggi sekitarnya tidak perlu lagi keluar daerah jika ingin melakukan operasi kateterisasi jantung,” tutup Khairul. (EK/MMC Diskominfo)