Gubernur Sumbar: Inovasi Bagi Setiap OPD Sebuah Keniscayaan


Padang, KominfoSB - Perubahan sangat cepat, kita harus mampu menyesuaikannya dengan perkembangan zaman. Untuk itu diperlukan inovasi yang bukan hanya sekedar penerapan informasi tekhnologi, tetapi juga simpel saat digunakan. Contoh sederhananya, percepatan waktu pelayanan publik yang biasa 1 hari, bisa diselesaikan dalam hitungan jam bahkan menit.

Demikian disampaikan Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno dihadapan para Kepala OPD Lingkup Pemprov Sumbar dalam acara Evaluasi Inovasi Daerah Pemerintah Provinsi Sumatera Barat Tahun 2019 di Aula Gubernuran Padang, Selasa (15/10) sore.

Dari hasil Innovative Government Award 2019 yang diselenggarakan oleh Kemndagri, Senin (7/10) kemarin, Sumbar kembali meraih peringkat ketiga. 

“Kita harus move dan tidak berpuas diri. Saya yakin, bisa mendapat peringkat pertama atau kedua, dengan meningkatkan jumlah inovasi ditahun mendatang,” pinta gubernur,

Irwan mengharapkan, kedepannya setiap OPD dapat berkreasi membuat inovasi pelayanan. 

“Urusan pendidikan dan kesehatan merupakan bidang pelayanan yang banyak dibutuhkan inovasi. Tetapi bukan berarti, hanya dua bidang ini saja. Saya harap seluruh OPD bisa menciptakan sesuatu yang baru, dan progress-nya dievaluasi oleh Balitbang Sumbar dalam 2 bulan kedepan," ujarnya.

Terakhir, gubernur meminta supaya OPD keluar dari zona nyaman.

“Setiap OPD harus kreatif, terutama dalam pelayanan publik,” pungkas gubernur.

Dalam acara ini, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menjadi OPD Terinovatif Lingkup Pemprov Sumbar Tahun 2019 berdasarkan penilaian dari Kemnedagri RI. Diskominfo mengungguli Badan Keuangan Daerah dan Dinas Penanaman Modal-Perizinan Terpadu Satu Pintu. Diskominfo mengusulak 10 inovasi dan mendapat 5500 poin.

Ditemui terpisah, Kepala Diskominfo Sumbar, Yeflin Luandri mengaku senangatas penghargaan tersebut.

“Ini hasil kerja keras seluruh pegawai Diskominfo Sumbar. Kita patut bangga atas pencapaian sebagai yang terbaik. Mari jadikan penghargaan ini pelecut untuk meningkatkan kinerja dalam pelayanan ke masyarakat,” ucapnya.

Yeflin menambahkan, penghargaan terinovatif menunjukkan Diskominfo dinamis dalam melakukan perubahan-perubahan yang manfaatnya akan dirasakan masyarakat.

“Kedepannya, kita ingin Diskominfo jadi bagian penting bagi badan publik dan masyarakat,” tutupnya. (EK/RYH/RG/MMC Diskominfo)