Solok Selatan, KominfoSB - Keberadaan media tradisional perlu menjadi perhatian bagi pejabat publik di daerah melalui pemanfaatannya dalam kegiatan-kegiatan yang bersinggungan langsung dengan masyarakat.

Seperti yang dilakukan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Solok Selatan, Sumatra Barat, saat menampilkan Sanggar Beringin Sakti binaannya, pada kegiatan Kampanye Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup Sehat di Nagari Abai Kecamatan Sangir Batang Hari, Rabu (16/10/2019).

"Penyampaian pesan melalui media tradisional akan cepat diterima, terlebih bagi warga perdesaan. Melalui perantara media ini, kita harapkan program dan maksud pemerintah langsung sampai ke masyarakat," ujar Syamsurizal, Kepala Diskominfo Solok Selatan di sela-sela acara.

Dia mengimbau kepada OPD lingkup Pemkab Solok Selatan agar dapat mengikutsertakan sanggar-sanggar seni dalam setiap kegiatan yang dibuat.

Sementara itu, Wakil Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman saat membuka acara kampanye germas ini menyampaikan ucapan terima kasih, kepada semua pihak yang telah menyukseskan kegiatan hidup sehat di Solok Selatan.

"Kegiatan ini begitu penting dan sangat berdampak bagi masyarakat sebab bersifat pencegahan. Kalau sudah sakit, pasti biaya pengobatan mahal. Untuk itu, pencegahan lebih penting dari pengobatan," ucap Abdul Rahman.

Kampanye germas ini sendiri bertujuan untuk antisipasi penyakit tidak menular, sehingga harapan hidup masyarakat mencapai usia 72,7 tahun dapat terwujud. (IS/EK/MMC Diskominfo)