Perluas Pemasaran Produk UMKM melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi


Padang, KominfoSB - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Barat Yeflin Luandri mendorong pemanfaatan teknologi informasi untuk memperluas pemasaran produk industri kelompok Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Hal itu dikatakan Yeflin dalam paparannya selaku narasumber pada Bimbingan Teknis Pengembangan Kreasi Desain dan Pewarnaan yang dilaksanakan Dinas Koperasi dan UMKM Sumbar, Padang, Selasa (16/7/2019).

"Perkembangan teknologi yang begitu pesat tidak bisa kita hindari, tidak mungkin dielakkan, semuanya sudah sangat dimudahkan baik dari sisi pembiayaan maupun efektifitas waktu dalam melakukan promosi,” ujarnya.

Ia mencontohkan pada sejumlah aplikasi jual beli online yang dewasa ini begitu masif digunakan melalui pemanfaatan platform android.

Yeflin melanjutkan, keberadaan teknologi informasi dalam memajukan dunia usaha juga didukung dengan adanya media sosial seperti Twitter, Facebook, dan Instagram.

“Melalui medsos yang dengan mudah dapat diakses juga semakin memudahkan pemasaran produk, pelaku UMKM semestinya ikut memanfaatkannya dalam meningkatkan keterampilan maupun memperluas jejaring untuk kemajuan usaha,” tuturnya. (IS/ MMC Diskominfo/toeb)