Upayakan Integrasi Data, Diskominfo Sumbar Gelar Sosialisasi SIMDASI


Padang, KominfoSB - Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumatra Barat Yeflin Luandri membuka secara resmi Sosialisasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral melalui Sistem Informasi Manajemen Data Statistik Terintegrasi (SIMDASI) Pemerintah Provinsi dan kabupaten/lota se-Sumatra Barat, di Aula Diskominfo, Selasa (16/7/2019).

Ia menyampaikan bahwa untuk mewujudkan satu data setidaknya ada empat elemen dasar yang harus dibangun dengan baik yaitu SDM, dana, peralatan/infrastruktur dan regulasi.

"Dengan usia Dinas Kominfo yang baru masuk tahun ke-3, dengan segala keterbatasan kita harus optimis, untuk mampu melaksanakan urusan wajib statistik sektoral sesuai  diamanatkan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, apalagi setelah ditetapkannya Perpres Satu Data Indonesia, semakin memperkuat peran Dinas Kominfo sebagai Walidata," ujar Yeflin.

Sosialisasi penyelenggaraan statistik sektoral melalui SIMDASI ini sebelumnya juga telah digelar di hadapan peserta yang merupakan perwakilan OPD di Lingkungan Pemprov. Sumbar pada pertengahan Juni lalu.

“Hal ini dilakukan tak lain untuk menyamakan persepsi dan meningkatkan pemahaman di tingkat pemerintah provinsi dan kabupaten/kota agar tersedianya satu data Sumatera Barat yang akurat,” sebut dia. 

Hadir sebagai narasumber pejabat dari BPS RI yakni Wiwiek Widyati, Kepala Sub Direktorat Publikasi dan Kompilasi Statistik, serta Perwita Sari, Kasi Kompilasi Laporan Statistik.

Wiwiek dalam paparannya menyebutkan salah satu permasalahan yang mendasari satu data Indonesia adalah data instansi pemerintah yang satu dengan yang lain tidak konsisten.

"Mekanisme pengumpulan data saat ini menyebabkan data tidak konsisten, dan SIMDASI memiliki fitur yang dapat mencegah terjadinya permasalahan tersebut. Fitur tersebut antara lain Sinkronisasi Data, Perbandingan Antar Wilayah, serta Interoperabilitas,” ujar Wiwiek.

Juga hadir pada kesempatan tersebut, Ichsan, Kepala Bidang Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik BPS Provinsi Sumatera Barat. Ia menyambut sangat baik kegiatan yang digagas oleh Dinas Kominfo Sumbar itu.

“Ke depan peran walidata sangat besar untuk mewujudkan Satu Data, karena walidata mengkoordinir pengumpulan, pemeriksaan, pengelolaan serta menyebarluaskan data yang bersumber dari produsen data. Untuk itu perlu sinergitas pemerintah provinsi dengan kabupaten/kota,” ujar Ichsan. (ESN/ MMC Diskominfo)